Manfaat Buah

Temukan Buah-Buah Yang Mengadung Serat Tinggi Di Sekitar Anda

18 Apr 2016 - 17:18 WIB

Buah-buah yang mengandung serat yang tinggi dimiliki oleh buah apel, buah pisang, dan buah alpukat. Masing-masing dari buah tersebut menyimpan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Buah-buah yang mengandung serat tinggi yang dapat Anda konsumsi sangatlah beragam. Ada lebih dari sepuluh jenis buah mulai dari yang memiliki rasa yang asam hingga yang memiliki rasa yang manis yang diketahui mengandung serat yang cukup tinggi untuk tubuh. Sebut saja buah pepaya, beri, alpukat, pir, apel, jambu biji, nanas, mangga, buah naga, pisang, kiwi. Dari sekian banyak buah yang menyimpan kandungan serat dalam diri mereka, Apel merupakan salah satu yang paling terkenal. Jika Anda ingin lebih mengetahui segala informasi tentang buah apel ini maka segera lanjut dan simak informasi berikut.

Apel, buah dengan segudang manfaat

Buah yang berserat tinggi yang paling banyak dikenal adalah buah apel. Anda tentu sudah mengetahui seperti apa rupa ini serta ragam rasa yang dikandungnya. Buah apel memiliki banyak varietas jenis yang berbeda-beda tergantung dari daerah dimana ia tumbuh. Meski demikian hampir sebagian besar segala jenis buah apel memiliki kandungan zat yang beragam yang sangat baik untuk tubuh. Sebelumnya buah apel memiliki banyak kandungan gizi yang banyak. Diantaranya adalah vitamin B kompleks yang berupa B1 atau thiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niasin, B5 atau asam pantotenat, B6 serta B9 atau folat.

Dengan mengkonsumsi rutin buah apel setiap hari, Anda akan mendapatkan ragam manfaat yang sama banyaknya. Penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf serta otak dapat terhindari secara signifikan. Hal ini membuat memori dalam otak Anda menjadi lebih kuat. Selain itu apel juga diketahui mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang tinggi. Jika Anda sedang menjalankan diet sehat maka Anda disarankan untuk mengonsumsi potongan buah apel setidaknya satu buah setiap hari. Buah-buah yang mengandung serat yang lainnya adalah pisang.

Buah_Buah_Yang_Mengadung_Serat_Tinggi_Di_Sekitar

Baca Juga : Hidup Sehat Dengan Berbagai Buah Vitamin B

Pisang, Buah yang Kaya akan Serat dan Vitamin C

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa buah pisang merupakan buah dengan intensitas kandungan vitamin C yang berada pada tingkat yang tinggi yang hampir setara dengan buah jeruk. Memang banyak orang sudah ikhwal dengan fakta bahwa buah pisang ini kaya akan serat. Apalagi pisang sebagai buah yang berserat tinggi ini seringkali dijadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat yang baik untuk tubuh. Mafhum karena memang dalam buah pisang terkandung kadar karbohidrat yang baik, sehat dan aman bagi tubuh, yang tidak akan membuat tubuh Anda menjadi cepat gemuk. Karena itu buah pisang sering dijadikan sebagai kawan untuk berdiet.

Manfaat lain yang terkandung dalam buah pisang adalah ia dapat menurunkan tingkat stress dan depresi seseorang. Mungkin tidak akan begitu percaya dengan fakta tersebut, namun Anda dapat mencoba mempraktekkanya dengan mulai mengonsumsi buah pisang ketika Anda dalam keadaan yang penuh tekanan dan tidak stabil. Anda akan merasa lebih baik dan tenang setelah memakan potongan buah pisang. Selain itu, buah yang berserat tinggi ini juga sangat baik untuk proses pencernaan tubuh dan lambung Anda. Kandungan seratnya yang sangat tinggi mampu memperlancar sistem peredaran makanan dalam lambung Anda. jika Anda mengidap diabetes maka Anda disarankan untuk memakan buah ini.

Alpukat, Buah dengan Serat Tinggi dan Lemak Tak Jenuh yang Baik

Buah-buah yang mengandung serat tinggi yang lain adalah alpukat. Pada umumnya buah alpukat yang memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan ini dikenal sebagai buah dengan kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi yang baik untuk penderita kolesterol dan diabetes. Buah dengan rasa yang unik ini ternyata juga memiliki kandungan serat yang lumayan yang tentunya baik untuk tubuh. Selain kandungan serat yang tinggi, ia juga mengandung nutrisi lengkap seperti kalium, protein, kalsium, fosfor, magnesium, dan lain-lain. Selain itu, ia juga dikenal memiliki anti inflamasi yang baik bagi tubuh yang tengah mengalami peradangan. Sehingga dengan mengonsumsinya dengan olahan seperti smoothies akan memberikan efek yang baik untuk Anda.


TAGS   Buah Yang Mengadung Serat Tinggi / Buah / Serat /


Author

hallo saya amat badarudin, saya blogger dari pacitan, jatim. hobby menulis dan jalan-jalan sambil lihat yang seger-seger tiap kota.

Recent Post

Recent Comments

Archive